Apa sih itu VoIP??? VoIP kepanjangan dari Voice over Internet Protocol adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Pada VoIP data diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Itu adalah pengertian dalam bahasa ilmiahnya. Nah, klo bahasa orang awamnya VoIP itu adalah teknik untuk bertelpon di atas jaringan Internet.

Trus gimana cara kerja VoIP??? Jadi awal mulanya input suara analog yang masuk melalui microphone, handphone, dan media inputan suara lainnya di ubah menjadi sinyal digital. Nah kemudian sinyal-sinyal digital tersebut diubah menjadi semacam paket-paket data, lalu peket data-data tersebut dipancarkan dan dikirim melalui jaringan data, baik itu LAN maupun Internet. Keliatannya sih simple, tapi percaya deh klo itu ga semudah yang kita baca dan bayangkan. Hhe.

Saat ini teknologi VoIP tidak hanya digunakan pada PC atau laptop sebagai terminal utamnya. Banyak vendor-vendor yang menciptakan alat berteknologi VoIP ini. Misalnya IP Phones yang bentuknya kaya telpon biasa tapi terdapat konektor RJ 45 dan bisa di setting IPnya. Trus ada lagi namanya ITG singkatan dari Internet Telephony Gateway bentuknya mirip dengan SwitchHub, terdapat konektor RJ-45 dan RJ-11, trus ada IPPABX-PABX Convergence yang support dengan jaringan IP maupun pesawat telpon biasa. Dan banyak lagi perangkat-perangkat lainnya yang menggunakan teknologi VoIP.

Sekarang teknologi VoIP digunakan juga pada provider-provider telpon selular baik GSM maupun CDMA. Mereka menyediakan suatu fasilitas VoIP untuk melakukan panggilan SLI (sambungan langsung internasional), biasanya setiap operator mempunyai syarat dan ketentuan tertentu seperti menambahkan beberapa digit pada nomor telpon yang dituju gunanya untuk mengidentifikasikan bahwa layanan VoIP yang digunakan dalam panggilan.

Trus apa sih kelebihan dari VoIP??? Karena VoIP menumpang jalur internet maka otomatis dalam melakukan panggilan telpon baik antar ruangan, wilayah bahkan negara bisa sangat minim biayanya bahkan gratis. Disamping biaya VoIP juga mendukung fasilitas video call dimana kita dapat melihat lawan bicara kita. Dan masih banyak lagi keuntukngan yang bisa kita dapat bila menggunakan teknologi VoIP ini.
Tapi, klo punya kelebihan pasti ada juga kelemahannya, seperti Delay (artinya ada jeda pada saat melakukan panggilan), terputus-putus, suara tidak jelas, dan lainnya. Semua itu terjadi karena VoIP menggunakan system berbasis jaringan komputer dimana akan terdapat banyak gangguan baik dari jaringan itu sendiri maupun dari luar jaringan (seperti virus, hacker dan lain-lain). Namun semua kelemahan itu terus diminimalisir untuk kepentingan masyarakat juga, bahkan mungkin dimasa yang akan datang kita tidak perlu menggunakan GSM dan CDMA untuk melakukan panggilan, cukup mencari sinyal wifi kemudian koneksi ke Internet maka kita dapat melakukan panggilan ke mana saja. Hhe.
Sekian dulu pembahasan tentang VoIP dari saya semoga bermanfaat dan bisa mengilhami.

Wassalam.